Bagus Photo Studio=
Home » , » Pemilih Unik di Jember pada Pemilu 2024, Ada Lima Orang Bernama Tuhan yang Akan Ikut Mencoblos

Pemilih Unik di Jember pada Pemilu 2024, Ada Lima Orang Bernama Tuhan yang Akan Ikut Mencoblos

Written By Admin on Kamis, 06 Juli 2023 | 7/06/2023 08:00:00 PM

Bagustv.com -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jember memastikan ada lima “Tuhan” yang akan menyalurkan hak suaranya pada Pemilu Tahun 2024 mendatang.


Namun, bukan Tuhan dalam arti Yang Maha Kuasa. Mereka merupakan warga Jember yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) dan kebetulan memiliki nama hanya satu kata, yakni “Tuhan”.


Kabar itu dibenarkan oleh Komisioner Bidang Data dan Informasi KPU Jember, Ahmad Hanafi. Menurut dia, kelima warga bernama “Tuhan” itu terdeteksi sebelum KPU menetapkan DPT untuk Pemilu 2024 mendatang, pekan lalu (21/6).


"Kelima warga dengan nama 'Tuhan' itu masuk dalam DPT, tersebar di empat kecamatan yang ada di Jember," kata Hanafi saat dikonfirmasi, Selasa (4/7).


Dalam DPT yang ditetapkan KPU Jember sendiri, kelima warga Jember bernama “Tuhan” itu tersebar di lima titik desa/kecamatan di Jember.


 Sakit Lutut & Sendi akan Hilang jika Anda Lakukan Ini Tiap Pagi

Yakni di Desa Tutul, Kecamatan Balung; Desa Pringgowirawan, Kecamatan Sumberbaru; Desa Karangbayat, Kecamatan Sumberbaru; Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa; dan di Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang.


Hanafi juga mengungkapkan, pada pemilu sebelumnya, warga Jember yang bernama Tuhan itu juga ada dan jumlahnya saat itu diyakini lebih dari lima orang. "Berkurangnya bisa jadi karena telah meninggal dunia atau sudah pindah," katanya.


Lebih jauh, Hanafi mengungkapkan, selama proses pemutakhiran data daftar pemilih itu, KPU Jember memang mendapati banyak warga Jember yang memiliki kesamaan nama, hingga memiliki nama hanya satu kata. Bahkan ada pula yang namanya hanya dua huruf atau tiga huruf.


"Misalnya, ada pemilih yang namanya hanya dua huruf, 'To' dan 'Ri' atau nama tiga huruf 'Eni' atau 'Evi' dan lainnya. Jadi, sudah kita klarifikasi dan verifikasi semuanya, dan sudah kami paparkan," ucap Hanafi, sambil menunjukkan bukti-bukti daftar pemilih yang dimaksudnya itu.


Sebagai informasi, KPU Jember telah menetapkan jumlah warga Jember yang tercatat dan dapat menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024 nanti sebanyak 1.972.216 pemilih/jiwa.


Perinciannya, pemilih perempuan 997.449 jiwa dan pemilih laki-laki 974.767 jiwa, tersebar di 7.706 tempat pemungutan suara (TPS) di 248 desa/kelurahan, 31 kecamatan di Jember.

 

Share this post :

Posting Komentar